عَنْ
أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). فَرَدَّدَ مِرَارًا ؛ قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ
Dari
Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau
jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” [HR al-Bukhâri]
TAKHRIJ
HADITS
Hadits ini shahîh. Diriwayatkan oleh: al-Bukhâri (no. 6116), Ahmad (II/362, 466, III/484), at-Tirmidzi (no. 2020), Ibnu Hibban (no. 5660-5661 dalam at-Ta’lîqâtul Hisân), ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul-Kabîr (II/261-262, no. 2093-2101), Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf (no. 25768-25769), ‘Abdurrazzaq dalam al-Mushannaf (no. 20286), al-Baihaqi dalam Syu’abul-Îmân (no. 7924, 7926), al-Baihaqi dalam as-Sunanul-Kubra (X/105), al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah (XIII/159, no. 3580).
Hadits ini shahîh. Diriwayatkan oleh: al-Bukhâri (no. 6116), Ahmad (II/362, 466, III/484), at-Tirmidzi (no. 2020), Ibnu Hibban (no. 5660-5661 dalam at-Ta’lîqâtul Hisân), ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul-Kabîr (II/261-262, no. 2093-2101), Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf (no. 25768-25769), ‘Abdurrazzaq dalam al-Mushannaf (no. 20286), al-Baihaqi dalam Syu’abul-Îmân (no. 7924, 7926), al-Baihaqi dalam as-Sunanul-Kubra (X/105), al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah (XIII/159, no. 3580).
SYARAH
HADITS
Sahabat yang meminta wasiat dalam hadits ini bernama Jariyah bin Qudamah Radhiyallahu ‘anhu. Ia meminta wasiat kepada Nabi dengan sebuah wasiat yang singkat dan padat yang mengumpulkan berbagai perkara kebaikan, agar ia dapat menghafalnya dan mengamalkannya. Maka Nabi berwasiat kepadanya agar ia tidak marah. Kemudian ia mengulangi permintaannya itu berulang-ulang, sedang Nabi tetap memberikan jawaban yang sama. Ini menunjukkan bahwa marah adalah pokok berbagai kejahatan, dan menahan diri darinya adalah pokok segala kebaikan.
Sahabat yang meminta wasiat dalam hadits ini bernama Jariyah bin Qudamah Radhiyallahu ‘anhu. Ia meminta wasiat kepada Nabi dengan sebuah wasiat yang singkat dan padat yang mengumpulkan berbagai perkara kebaikan, agar ia dapat menghafalnya dan mengamalkannya. Maka Nabi berwasiat kepadanya agar ia tidak marah. Kemudian ia mengulangi permintaannya itu berulang-ulang, sedang Nabi tetap memberikan jawaban yang sama. Ini menunjukkan bahwa marah adalah pokok berbagai kejahatan, dan menahan diri darinya adalah pokok segala kebaikan.
Marah
adalah bara yang dilemparkan setan ke dalam hati anak Adam sehingga ia mudah
emosi, dadanya membara, urat sarafnya menegang, wajahnya memerah, dan terkadang
ungkapan dan tindakannya tidak masuk akal.
DEFINISI
MARAH
Marah ialah bergejolaknya darah dalam hati untuk menolak gangguan yang dikhawatirkan terjadi atau karena ingin balas dendam kepada orang yang menimpakan gangguan yang terjadi padanya.
Marah ialah bergejolaknya darah dalam hati untuk menolak gangguan yang dikhawatirkan terjadi atau karena ingin balas dendam kepada orang yang menimpakan gangguan yang terjadi padanya.
Marah
banyak sekali menimbulkan perbuatan yang diharamkan seperti memukul, melempar
barang pecah belah, menyiksa, menyakiti orang, dan mengeluarkan
perkataan-perkataan yang diharamkan seperti menuduh, mencaci maki, berkata
kotor, dan berbagai bentuk kezhaliman dan permusuhan, bahkan sampai membunuh,
serta bisa jadi naik kepada tingkat kekufuran sebagaimana yang terjadi pada
Jabalah bin Aiham, dan seperti sumpah-sumpah yang tidak boleh dipertahankan
menurut syar’i, atau mencerai istri yang disusul dengan penyesalan.
Al-Hafizh
Ibnu Hajar al-‘Asqâlani rahimahullah berkata, “Adapun hakikat marah tidaklah
dilarang karena merupakan perkara tabi’at yang tidak bisa hilang dari perilaku
kebiasaan manusia.”[1]
Yang
dimaksud dengan hadits di atas adalah marah yang dilakukan karena menuruti hawa
nafsu dan menimbulkan kerusakan.
Di
dalam Al-Qur`ân Karim disebutkan bahwasanya Allah marah. Adapun marah yang
dinisbatkan kepada Allah Ta’ala Yang Mahasuci adalah marah dan murka kepada
orang-orang kafir, musyrik, munafik, dan orang-orang yang melewati batas-Nya.
Allah Ta’ala berfirman:
“Dan
Dia mengadzab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan (juga)
orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang berprasangka buruk terhadap
Allah. Mereka akan mendapat giliran (adzab) yang buruk, dan Allah murka kepada
mereka dan mengutuk mereka, serta menyediakan neraka Jahannam bagi mereka. Dan
(neraka Jahannam) itu seburuk-buruk tempat kembali”. [al-Fath/48 : 6] [2]
Di
dalam hadits yang panjang tentang syafaat disebutkan bahwa Allah Subhanahu wa
Ta’ala sangat marah yang belum pernah marah seperti kemarahan saat itu baik
sebelum maupun sesudahnya.[3]
Setiap
muslim wajib menetapkan sifat marah bagi Allah, tidak boleh mengingkarinya,
tidak boleh ditakwil, dan tidak boleh menyamakan dengan sifat makhluk-Nya.
Allah Ta’ala berfirman:
“…Tidak
ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, dan Dia Maha Mendengar, Maha Melihat”
[asy-Syûrâ/42 : 11]
Sifat
marah bagi Allah Azza wa Jalla merupakan sifat yang sesuai dengan keagungan dan
kemuliaan bagi Allah, dan ini merupakan manhaj Salaf yang wajib ditempuh oleh
setiap muslim.
Adapun
marah yang dinisbatkan kepada makhluk; ada yang terpuji ada pula yang tercela.
Terpuji apabila dilakukan karena Allah Azza wa Jalla dalam membela agama Allah
Azza wa Jalla dengan ikhlas, membela hak-hak-Nya, dan tidak menuruti hawa
nafsu, seperti yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
beliau marah karena ada hukum-hukum Allah dan syari’at-Nya yang dilanggar, maka
beliau marah. Begitu pula marahnya Nabi Musa Alaihissalam [4] dan marahnya Nabi
Yunus Alaihissalam [5]. Adapun yang tercela apabila dilakukan karena membela
diri, kepentingan duniawi, dan melewati batas.
Dalam
hadits di atas disebutkan larangan marah karena marah mengikuti emosi dan hawa
nafsu yang pengaruhnya membawa kepada kehancuran dan kebinasaan.
Ja’far
bin Muhammad rahimahullah mengatakan, “Marah adalah pintu segala kejelekan.”
Dikatakan kepada Ibnu Mubarak rahimahullah, “Kumpulkanlah untuk kami akhlak
yang baik dalam satu kata!” Beliau menjawab, “Meninggalkan amarah.” Demikian
juga Imam Ahmad rahimahullah dan Ishaq rahimahullah menafsirkan bahwa akhlak
yang baik adalah dengan meninggalkan amarah.
Sabda
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Engkau jangan marah “ kepada orang
yang meminta wasiat kepada beliau mengandung dua hal.
Pertama.
Maksud dari perintah beliau ialah perintah untuk memiliki sebab-sebab yang
menghasilkan akhlak yang baik, berupa dermawan, murah hati, penyantun, malu,
tawadhu’, sabar, menahan diri dari mengganggu orang lain, pemaaf, menahan
amarah, wajah berseri, dan akhlak-akhlak baik yang semisalnya.
Apabila
jiwa terbentuk dengan akhlak-akhlak yang mulia ini dan menjadi kebiasaan
baginya, maka ia mampu menahan amarah, pada saat timbul berbagai sebabnya.
Kedua.
Maksud sabda Nabi ialah, “Engkau jangan melakukan tuntutan marahmu apabila
marah terjadi padamu, tetapi usahakan dirimu untuk tidak mengerjakan dan tidak
melakukan apa yang diperintahnya.” Sebab, apabila amarah telah menguasai
manusia, maka amarah itu yang memerintah dan yang melarangnya.
Makna
ini tercermin dalam firman Allah Ta’ala:
”Dan setelah amarah Musa mereda… ” [al-A’râf/7 : 154]$
”Dan setelah amarah Musa mereda… ” [al-A’râf/7 : 154]$
Apabila
manusia tidak mengerjakan apa yang diperintahkan amarahnya dan dirinya berusaha
untuk itu, maka kejelekan amarah dapat tercegah darinya, bahkan bisa jadi
amarahnya menjadi tenang dan cepat hilang sehingga seolah-olah ia tidak marah.
Pada
makna inilah terdapat isyarat dalam Al-Qur`ân dengan firman-Nya Azza wa Jalla :
“…
Dan apabila mereka marah segera memberi maaf” [asy-Syûrâ/42 : 37]
Juga
dengan firman-Nya Ta’ala:
“…Dan
orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan
Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan” [Ali ‘Imrân/3 : 134]
Nabi
memerintahkan orang yang sedang marah untuk melakukan berbagai sebab yang dapat
menahan dan meredakan amarahnya. Dan beliau memuji orang yang dapat
mengendalikan dirinya ketika marah.
Diantara
cara yang diajarkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam meredam amarah
adalah dengan mengucapkan:
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ .
Diriwayatkan
dari Sulaiman bin Shurad Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:
Kami sedang duduk bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba-tiba ada dua orang laki-laki saling mencaci di hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seorang dari keduanya mencaci temannya sambil marah, wajahnya memerah, dan urat lehernya menegang, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh, aku mengetahui satu kalimat, jika ia mengucapkannya niscaya hilanglah darinya apa yang ada padanya (amarah). Seandainya ia mengucapkan,
Kami sedang duduk bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba-tiba ada dua orang laki-laki saling mencaci di hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seorang dari keduanya mencaci temannya sambil marah, wajahnya memerah, dan urat lehernya menegang, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh, aku mengetahui satu kalimat, jika ia mengucapkannya niscaya hilanglah darinya apa yang ada padanya (amarah). Seandainya ia mengucapkan,
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ.
(Aku
berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk)”. Para sahabat
berkata, “Tidakkah engkau mendengar apa yang dikatakan Rasulullah?” Laki-laki
itu menjawab, “Aku bukan orang gila”.[6]
Allah
Ta’ala memerintahkan kita apabila kita diganggu setan hendaknya kita berlindung
kepada Allah. Allah Ta’ala berfirman:
$
“Dan jika setan datang mengodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui” [al-A’râf/7 : 200]
$
“Dan jika setan datang mengodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui” [al-A’râf/7 : 200]
Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan agar orang yang marah untuk duduk
atau berbaring. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا
غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ ، فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ ، وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ.
“Apabila
seorang dari kalian marah dalam keadaan berdiri, hendaklah ia duduk; apabila
amarah telah pergi darinya, (maka itu baik baginya) dan jika belum, hendaklah
ia berbaring” [7].
Ada
yang mengatakan bahwa berdiri itu siap untuk balas dendam, sedang orang duduk
tidak siap untuk balas dendam, sedang orang berbaring itu sangat kecil
kemungkinan untuk balas dendam.
Maksudnya
ialah hendaknya seorang muslim mengekang amarahnya dalam dirinya dan tidak
menujukannya kepada orang lain dengan lisan dan perbuatannya.
Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan apabila seseorang marah hendaklah ia
diam, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا
غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ.
“Apabila
seorang dari kalian marah, hendaklah ia diam” [8].
Ini
juga merupakan obat yang manjur bagi amarah, karena jika orang sedang marah
maka keluarlah darinya ucapan-ucapan yang kotor, keji, melaknat, mencaci-maki
dan lain-lain yang dampak negatifnya besar dan ia akan menyesal karenanya
ketika marahnya hilang. Jika ia diam, maka semua keburukan itu hilang darinya.
Menurut
syari’at Islam bahwa orang yang kuat adalah orang yang mampu melawan dan
mengekang hawa nafsunya ketika marah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda,
لَيْسَ
الشَّدِيْدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيْدُ الَّذِيْ يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ.
“Orang
yang kuat itu bukanlah yang pandai bergulat, tetapi orang yang kuat ialah orang
yang dapat mengendalikan dirinya ketika marah”. [9]
Imam
Ibnu Baththal rahimahullah mengatakan bahwa melawan hawa nafsu lebih berat
daripada melawan musuh.[10]
Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang keutamaan orang yang dapat
menahan amarahnya, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنْفِذَهُ دَعَاهُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُؤُوْسِ الْخَلاَئِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ اللهُ مِنَ الْحُوْرِ الْعِيْنِ مَا شَاءَ.
“Barangsiapa
menahan amarah padahal ia mampu melakukannya, pada hari Kiamat Allah k akan
memanggilnya di hadapan seluruh makhluk, kemudian Allah menyuruhnya untuk
memilih bidadari yang ia sukai” [11].
Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada seorang sahabatnya,
لاَ
تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ.
“Jangan
kamu marah, maka kamu akan masuk Surga” [12].
Yang
diwajibkan bagi seorang Mukmin ialah hendaklah keinginannya itu sebatas untuk
mencari apa yang dibolehkan oleh Allah Ta’ala baginya, bisa jadi ia berusaha
mendapatkannya dengan niat yang baik sehingga ia diberi pahalanya karena. Dan
hendaklah amarahnya itu untuk menolak gangguan terhadap agamanya dan membela
kebenaran atau balas dendam terhadap orang-orang yang mendurhakai Allah dan
Rasul-Nya, sebagaiman Allah Ta’ala berfirman:
“Perangilah
mereka, niscaya Allah akan menyiksa mereka dengan (perantaraan) tanganmu dan
Dia akan menghina mereka dan menolongmu (dengan kemenangan) atas mereka, serta
melegakan hati orang-orang yang beriman. Dan Dia menghilangkan kemarahan hati
mereka (orang Mukmin)… ” [at-Taubah/9 : 14-15]
Ini
adalah keadaan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau tidak balas
dendam untuk dirinya sendiri. Namun jika ada hal-hal yang diharamkan Allah
dilanggar, maka tidak ada sesuatu pun yang sanggup menahan kemarahan beliau.
Dan beliau belum pernah memukul pembantu dan wanita dengan tangan beliau, namun
beliau menggunakan tangan beliau ketika berjihad di jalan Allah.
‘Aisyah
Radhiyallahu ‘anha ditanya tentang akhlak Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam maka ia menjawab, “Akhlak beliau adalah Al-Qur`ân.”[13] Maksudnya beliau
beradab dengan adab Al-Qur`ân, berakhlak dengan akhlaknya. Beliau ridha karena
keridhaan Al-Qur`ân dan marah karena kemarahan Al-Qur`ân.
Karena
sangat malunya, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menghadapi siapa pun dengan
sesuatu yang beliau benci, bahkan ketidaksukaan beliau terlihat di wajah
beliau, sebagaimana diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri , ia berkata,
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih pemalu daripada gadis yang
dipingit. Apabila beliau melihat sesuatu yang dibencinya, kami mengetahuinya di
wajah beliau.”[14]
Ketika
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi tahu Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu
tentang ucapan seseorang, “Pembagian ini tidak dimaksudkan untuk mencari wajah
Allah.” Maka ucapan itu terasa berat bagi beliau, wajah beliau berubah, beliau
marah, dan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya bersabda:
لَقَدْ
أُوْذِيَ مُوْسَى بِأَكْثَرَ مِنْ هَذَا فَصَبَرَ.
“Sungguh
Musa disakiti dengan yang lebih menyakitkan daripada ini, namun beliau
bersabar” [15].
Apabila
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat atau mendengar sesuatu yang
membuat Allah Azza wa Jalla murka, maka beliau marah karenanya, menegurnya, dan
tidak diam. Beliau pernah memasuki rumah ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha dan melihat
tirai yang terdapat gambar makhluk hidup padanya, maka wajah beliau berubah dan
beliau merobeknya lalu bersabda, “Sesungguhnya orang yang paling keras adzabnya
pada hari Kiamat ialah orang yang menggambar gambar-gambar ini.” [16]
Ketika
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi pengaduan tentang imam yang shalat
lama dengan manusia hingga sebagian mereka terlambat, beliau marah, bahkan
sangat marah, menasihati manusia, dan menyuruh meringankan shalat (supaya tidak
memanjangkan shalatnya).[17]
Ketika
Nabi Shallallahu ‘alaihi was allam melihat dahak di kiblat masjid, beliau
marah, mengeruknya, dan bersabda, “Sesungguhnya jika salah seorang dari kalian
berada dalam shalat, maka Allah Azza wa Jalla ada di depan wajahnya. Oleh
karena itu, ia jangan sekali-kali berdahak di depan wajahnya ketika
shalat.”[18]
Diantara
do’a yang beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam baca ialah:
أَسْأَلُكَ كَلِمَةَ الْحَقِّ فِي الْغَضَبِ وَالرِّضَى.
“Aku
memohon kepada-Mu perkataan yang benar pada saat marah dan ridha” [19].
Ini
sangat mulia, yaitu seorang hanya berkata benar ketika ia marah atau ridha,
karena sebagian manusia jika mereka marah , mereka tidak bisa berhenti dari apa
yang mereka katakan.
Dari
Jabir Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Kami pernah berjalan bersama Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam pada satu peperangan, dan ada seorang laki-laki berada di
atas untanya. Unta orang Anshar itu berjalan lambat kemudian orang Anshar itu
berkata, ‘Berjalanlah semoga Allah melaknatmu.’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
wa sallam bersabda kepada orang itu, ‘Turunlah engkau dari unta tersebut.
Engkau jangan menyertai kami dengan sesuatu yang telah dilaknat. Kalian jangan
mendo’akan kejelekan bagi diri kalian. kalian jangan mendo’akan kejelekan bagi
anak-anak kalian. Kalian jangan mendo’akan kejelekan bagi harta kalian.
Tidaklah kalian berada di satu waktu jika waktu tersebut permintaan diajukan,
melainkan Allah Azza wa Jalla akan mengabulkan bagi kalian.”[20]
Ini
semua menunjukkan bahwa do’a orang yang marah akan dikabulkan jika bertepatan
dengan waktu yang diijabah, dan pada saat marah ia dilarang berdo’a bagi
kejelekan dirinya, keluarganya, dan hartanya.
Seorang
ulama Salaf t berkata, ”Orang yang marah jika penyebab marahnya adalah sesuatu
yang diperbolehkan seperti sakit dan perjalanan, atau penyebab amarahnya adalah
ketaatan seperti puasa, ia tidak boleh dicela karenanya,” maksudnya ialah orang
tersebut tidak berdosa jika yang keluar darinya ketika ia marah ialah perkataan
yang mengandung hardik, caci-maki, dan lain sebagainya, seperti disabdakan Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sesungguhnya aku hanyalah manusia, aku ridha
seperti ridhanya manusia dan aku marah seperti marahnya manusia. Orang Muslim
mana saja yang pernah aku caci dan aku cambuk, maka aku menjadikannya sebagai
penebus (dosa) baginya.”[21]
Sedang
jika yang keluar dari orang yang marah adalah kekufuran, kemurtadan, pembunuhan
jiwa, mengambil harta tanpa alasan yang benar, dan lain sebagainya, maka orang
Muslim tidak ragu bahwa orang marah tersebut mendapat hukuman karena semua itu.
Begitu juga jika yang keluar dari orang yang marah adalah perceraian,
pemerdekaan budak, dan sumpah, ia dihukum karena itu semua tanpa ada perbedaan
pendapat di dalamnya.[22]
Diriwayatkan
dari Mujahid, dari Ibnu ‘Abbas bahwa seorang laki-laki berkata, “Aku mentalaq
istriku dengan talak tiga ketika aku marah.” Maka Ibnu ‘Abbas berkata,
“Sesungguhnya Ibnu ‘Abbas tidak bisa menghalalkan untukmu apa yang telah Allah
haramkan atasmu, engkau telah mendurhakai kepada Rabb-mu, dan engkau
mengharamkan istrimu atas dirimu sendiri.”[23]
Diriwayatkan
dengan shahih dari banyak Sahabat bahwa mereka berfatwa sesungguhnya sumpah
orang yang marah itu sah dan di dalamnya terdapat kaffarat.
Al-Hasan
rahimahullah berkata, “Thalaq yang sesuai Sunnah ialah suami mentalaq istrinya
dengan talaq satu dalam keadaan suci dan tidak digauli. Suami mempunyai hak
pilih antara masa tersebut dengan istrinya selama tiga kali haidh. Jika ia
ingin rujuk dengan istrinya, ia berhak melakukannya. Jika ia marah, istrinya
menunggu tiga kali haidh atau tiga bulan jika ia tidak haidh agar marahnya
hilang.” Al-Hasan rahimahullah berkata lagi, “Allah menjelaskan agar tidak
seorang pun menyesal dalam perceraiannya seperti yang diperintahkan Allah.”
Diriwayatkan oleh al-Qadhi Isma’il.[24]
BAGAIMANA
MENGOBATI AMARAH JIKA TELAH BERGEJOLAK?
Orang yang marah hendaklah melakukan hal-hal berikut:
1. Berlindung kepada Allah dari godaan setan dengan membaca:
Orang yang marah hendaklah melakukan hal-hal berikut:
1. Berlindung kepada Allah dari godaan setan dengan membaca:
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
Aku
berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.
2. Mengucapkan kalimat-kalimat yang baik, berdzikir, dan istighfar.
3. Hendaklah diam, tidak mengumbar amarah.
4. Dianjurkan berwudhu’.[25]
5. Merubah posisi, apabila marah dalam keadaan berdiri hendaklah duduk, dan apabila marah dalam keadaan duduk hendaklah berbaring.
6. Jauhkan hal-hal yang membawa kepada kemarahan.
7. Berikan hak badan untuk beristirahat.
8. Ingatlah akibat jelek dari amarah.
9. Ingatlah keutamaan orang-orang yang dapat menahan amarahnya.
Wallâhu a’lam.
2. Mengucapkan kalimat-kalimat yang baik, berdzikir, dan istighfar.
3. Hendaklah diam, tidak mengumbar amarah.
4. Dianjurkan berwudhu’.[25]
5. Merubah posisi, apabila marah dalam keadaan berdiri hendaklah duduk, dan apabila marah dalam keadaan duduk hendaklah berbaring.
6. Jauhkan hal-hal yang membawa kepada kemarahan.
7. Berikan hak badan untuk beristirahat.
8. Ingatlah akibat jelek dari amarah.
9. Ingatlah keutamaan orang-orang yang dapat menahan amarahnya.
Wallâhu a’lam.
FAWA`ID
HADITS
1. Semangatnya para Sahabat untuk memperoleh apa yang bermanfaat bagi mereka.
2. Dianjurkan memberikan nasihat dan wasiat bagi orang yang memintanya.
3. Seorang muslim harus mencari jalan-jalan kebaikan dan keselamatan yang sesuai dengan Sunnah.
4. Mengulangi nasihat memiliki manfaat yang banyak.
5. Larangan dari marah berdasarkan sabda beliau, “Engkau jangan marah!” Sebab, amarah dapat menimbulkan berbagai kerusakan yang besar apabila seseorang berbuat dengan menuruti hawa nafsu untuk membela dirinya.
6. Agama Islam melarang akhlak yang jelek, dan larangan tersebut mengharuskan perintah berakhlak yang baik.
7. Marah merupakan sifat dan tabi’at manusia.
8. Dianjurkan untuk menahan marah dan ini termasuk dari sifat seorang mukmin.
9. Melawan hawa nafsu lebih berat daripada melawan musuh.
10. Dianjurkan menjauhkan hal-hal yang membawa kepada kemarahan.
11. Marah yang terpuji adalah apabila seseorang marah karena Allah, untuk membela kebenaran, dan tidak menuruti hawa nafsu dan tidak merusak.
12. Sabar dan pemaaf adalah sifat orang yang beriman dan berbuat kebajikan.
13. Apabila seseorang marah hendaklah ia berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, dan melakukan apa yang disebutkan di atas tentang obat meredam amarah.
1. Semangatnya para Sahabat untuk memperoleh apa yang bermanfaat bagi mereka.
2. Dianjurkan memberikan nasihat dan wasiat bagi orang yang memintanya.
3. Seorang muslim harus mencari jalan-jalan kebaikan dan keselamatan yang sesuai dengan Sunnah.
4. Mengulangi nasihat memiliki manfaat yang banyak.
5. Larangan dari marah berdasarkan sabda beliau, “Engkau jangan marah!” Sebab, amarah dapat menimbulkan berbagai kerusakan yang besar apabila seseorang berbuat dengan menuruti hawa nafsu untuk membela dirinya.
6. Agama Islam melarang akhlak yang jelek, dan larangan tersebut mengharuskan perintah berakhlak yang baik.
7. Marah merupakan sifat dan tabi’at manusia.
8. Dianjurkan untuk menahan marah dan ini termasuk dari sifat seorang mukmin.
9. Melawan hawa nafsu lebih berat daripada melawan musuh.
10. Dianjurkan menjauhkan hal-hal yang membawa kepada kemarahan.
11. Marah yang terpuji adalah apabila seseorang marah karena Allah, untuk membela kebenaran, dan tidak menuruti hawa nafsu dan tidak merusak.
12. Sabar dan pemaaf adalah sifat orang yang beriman dan berbuat kebajikan.
13. Apabila seseorang marah hendaklah ia berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, dan melakukan apa yang disebutkan di atas tentang obat meredam amarah.
Maraaji’:
1. Al-Qur`ân dan terjemahnya.
2. Al-Mu’jamul Ausath lith-Thabrani.
3. Al-Wâfi fî Syarhil Arba’în an-Nawawiyyah, karya Dr. Musthafa al-Bugha dan Muhyidin Mustha.
4. As-Sunanul Kubra lin-Nasâ`i.
5. Bahjatun-Nâzhirîn Syarh Riyâdhish-Shâlihîn, karya Syaikh Salim bin ‘Id al-Hilali.
6. Jâmi’ul ‘Ulûm wal-Hikam, karya Ibnu Rajab al-Hanbali. Tahqiq: Syu’aib al-Arnauth dan Ibrâhim Bâjis.
7. Kutubus Sab’ah.
8. Mushannaf Ibni Abi Syaibah.
9. Mustadrak al-Hakim.
10. Qawâ’id wa Fawâ`id minal-‘Arba’în an-Nawawiyyah, karya Nazhim Muhammad Sulthan.
11. Shahiih al-Jâmi’ish Shaghîr.
12. Shahîh Ibni Hibban dengan at-Ta’liqâtul-Hisân ‘ala Shahîh Ibni Hibban.
13. Shahîh at-Targhîb wat-Tarhîb.
14. Silsilah al-Ahâdîts ash-Shahîhah.
15. Sunan ad-Darimi.
16. Sunan al-Baihaqi.
17. Syarhul Arba’în an-Nawawiyyah, karya Syaikh Muhammad bin Shâlih al-‘Utsaimin.
1. Al-Qur`ân dan terjemahnya.
2. Al-Mu’jamul Ausath lith-Thabrani.
3. Al-Wâfi fî Syarhil Arba’în an-Nawawiyyah, karya Dr. Musthafa al-Bugha dan Muhyidin Mustha.
4. As-Sunanul Kubra lin-Nasâ`i.
5. Bahjatun-Nâzhirîn Syarh Riyâdhish-Shâlihîn, karya Syaikh Salim bin ‘Id al-Hilali.
6. Jâmi’ul ‘Ulûm wal-Hikam, karya Ibnu Rajab al-Hanbali. Tahqiq: Syu’aib al-Arnauth dan Ibrâhim Bâjis.
7. Kutubus Sab’ah.
8. Mushannaf Ibni Abi Syaibah.
9. Mustadrak al-Hakim.
10. Qawâ’id wa Fawâ`id minal-‘Arba’în an-Nawawiyyah, karya Nazhim Muhammad Sulthan.
11. Shahiih al-Jâmi’ish Shaghîr.
12. Shahîh Ibni Hibban dengan at-Ta’liqâtul-Hisân ‘ala Shahîh Ibni Hibban.
13. Shahîh at-Targhîb wat-Tarhîb.
14. Silsilah al-Ahâdîts ash-Shahîhah.
15. Sunan ad-Darimi.
16. Sunan al-Baihaqi.
17. Syarhul Arba’în an-Nawawiyyah, karya Syaikh Muhammad bin Shâlih al-‘Utsaimin.
[Disalin
dari majalah As-Sunnah Edisi 06-07/Tahun XII/1429H/2008M. Diterbitkan Yayasan
Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo
Solo 57183 Telp. 0271-761016] Disalin dari
http://www.almanhaj.or.id/content/2600/slash/0
________
Footnote
[1]. Fat-hul Bâri, X/520.
[2]. Lihat juga QS. Thâhaa ayat 81 dan Qs. al-Mumtahanah ayat 13.
[3]. HR al-Bukhâri (no. 3162, 4435), Muslim (no. 194), at-Tirmidzi (no. 2434), Ahmad (II/435), Ibnu Hibban (no. 6431 –at-Ta’lîqâtul Hisân), Ibnu Abi Syaibah (no. 32207), dan an-Nasâ`i dalam As-Sunanul-Kubra (no. 11222).
[4]. Lihat Qs. al-A’râf/7 ayat 150.
[5]. Lihat Qs. al-Anbiyâ` ayat 87.
[6]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 3282, 6048, 6115), Muslim (no. 2610). Penafsiran ucapan “Aku bukan orang gila” silakan lihat Fat-hul Bâri (X/467).
[7]. Shahîh. HR Ahmad (V/152), Abu Dawud (no. 4782), dan Ibnu Hibban (no. 5688) dari Sahabat Abu Dzarr Radhiyallahu ‘anhu.
[8]. Shahîh. HR Ahmad (I/239, 283, 365), al-Bukhâri dalam al-Adabul Mufrad (no. 245, 1320), al-Bazzar (no. 152- Kasyful Astâr) dari Sahabat Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma. Hadits ini dishahîhkan oleh Syaikh al-Albâni dalam Shahîh al-Jâmi’ish-Shaghîr (no. 693) dan Silsilah al-Ahâdîts ash-Shahîhah (no. 1375).
[9]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 6114) dan Muslim (no. 2609) dari Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu.
[10]. Lihat Fat-hul-Bâri (X/518).
[11]. Hasan. HR Ahmad (III/440), Abu Dawud (no. 4777), at-Tirmidzi (no. 2021), dan Ibnu Majah (no. 4286) dari Sahabat Mu’adz bin Anas al-Juhani Radhiyallahu ‘anhu. Dihasankan oleh Syaikh al-Albâni dalam Shahîh al-Jâmi’ish Shaghîr (no. 6522).
[12]. Shahîh. HR ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Ausath (no. 2374) dari Sahabat Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albâni dalam Shahîh al-Jâmi’ish Shaghîr (no. 7374) dan Shahîh at-Targhîb wat-Tarhîb (no. 2749).
[13]. Shahîh. HR Muslim (no. 746), Ahmad (VI/54, 91, 111, 188, 216), an-Nasâ`i (III/199-200), Ibnu Majah (no. 2333), dan ad-Darimi (I/345-346).
[14]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 6102) dan Muslim (no. 2320).
[15]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 3150, 4336) dan Muslim (no. 1062).
[16]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 5954, 6109) dan Muslim (no. 2107 (91)).
[17]. Shahîh. HR Muslim (no. 466) dari Abu Mas’ud al-Anshari Radhiyallahu ‘anhu.
[18]. Shahîh. HR Mâlik dalam al-Muwaththa (I/194), al-Bukhâri (no. 406, 753, 1213, 6111), Muslim (no. 547), Abu Dawud (no. 479), dan an-Nasâ`i (II/51) dari Ibnu ‘Umar c. Diriwayatkan pula oleh al-Bukhâri (no. 405, 413) dan Muslim (no. 551) dari Anas bin Mâlik Radhiyallahu ‘anhu. Diriwayatkan pula oleh al-Bukhâri (no. 408, 409) dan Muslim (no. 548) dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu.
[19]. Shahîh. HR Ahmad (IV/264), an-Nasâ`i (III/54-55), dan Ibnu Hibban (no. 1968 –at-Ta’lîqâtul Hisân) dari Ammar bin Yasir Radhiyallahu ‘anhuma.
[20]. Shahîh. HR. Muslim (no. 3009).
[21]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 6361), Muslim (no. 2601), dan Ibnu Hibban (no. 6481-6482 –at-Ta’lîqâtul Hisân) dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu
[22]. Lihat Jâmi’ul ‘Ulûm wal-Hikam (I/375).
[23]. Shahîh. HR. Abu Dawud (no. 2197) dan ad-Daraquthni (IV/13-14, no. 3862).
[24]. Lihat Jâmi’ul ‘Ulûm wal-Hikam, I/377.
[25]. Ada riwayat tentang hal ini tetapi riwayatnya dha’if.
________
Footnote
[1]. Fat-hul Bâri, X/520.
[2]. Lihat juga QS. Thâhaa ayat 81 dan Qs. al-Mumtahanah ayat 13.
[3]. HR al-Bukhâri (no. 3162, 4435), Muslim (no. 194), at-Tirmidzi (no. 2434), Ahmad (II/435), Ibnu Hibban (no. 6431 –at-Ta’lîqâtul Hisân), Ibnu Abi Syaibah (no. 32207), dan an-Nasâ`i dalam As-Sunanul-Kubra (no. 11222).
[4]. Lihat Qs. al-A’râf/7 ayat 150.
[5]. Lihat Qs. al-Anbiyâ` ayat 87.
[6]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 3282, 6048, 6115), Muslim (no. 2610). Penafsiran ucapan “Aku bukan orang gila” silakan lihat Fat-hul Bâri (X/467).
[7]. Shahîh. HR Ahmad (V/152), Abu Dawud (no. 4782), dan Ibnu Hibban (no. 5688) dari Sahabat Abu Dzarr Radhiyallahu ‘anhu.
[8]. Shahîh. HR Ahmad (I/239, 283, 365), al-Bukhâri dalam al-Adabul Mufrad (no. 245, 1320), al-Bazzar (no. 152- Kasyful Astâr) dari Sahabat Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma. Hadits ini dishahîhkan oleh Syaikh al-Albâni dalam Shahîh al-Jâmi’ish-Shaghîr (no. 693) dan Silsilah al-Ahâdîts ash-Shahîhah (no. 1375).
[9]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 6114) dan Muslim (no. 2609) dari Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu.
[10]. Lihat Fat-hul-Bâri (X/518).
[11]. Hasan. HR Ahmad (III/440), Abu Dawud (no. 4777), at-Tirmidzi (no. 2021), dan Ibnu Majah (no. 4286) dari Sahabat Mu’adz bin Anas al-Juhani Radhiyallahu ‘anhu. Dihasankan oleh Syaikh al-Albâni dalam Shahîh al-Jâmi’ish Shaghîr (no. 6522).
[12]. Shahîh. HR ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Ausath (no. 2374) dari Sahabat Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albâni dalam Shahîh al-Jâmi’ish Shaghîr (no. 7374) dan Shahîh at-Targhîb wat-Tarhîb (no. 2749).
[13]. Shahîh. HR Muslim (no. 746), Ahmad (VI/54, 91, 111, 188, 216), an-Nasâ`i (III/199-200), Ibnu Majah (no. 2333), dan ad-Darimi (I/345-346).
[14]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 6102) dan Muslim (no. 2320).
[15]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 3150, 4336) dan Muslim (no. 1062).
[16]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 5954, 6109) dan Muslim (no. 2107 (91)).
[17]. Shahîh. HR Muslim (no. 466) dari Abu Mas’ud al-Anshari Radhiyallahu ‘anhu.
[18]. Shahîh. HR Mâlik dalam al-Muwaththa (I/194), al-Bukhâri (no. 406, 753, 1213, 6111), Muslim (no. 547), Abu Dawud (no. 479), dan an-Nasâ`i (II/51) dari Ibnu ‘Umar c. Diriwayatkan pula oleh al-Bukhâri (no. 405, 413) dan Muslim (no. 551) dari Anas bin Mâlik Radhiyallahu ‘anhu. Diriwayatkan pula oleh al-Bukhâri (no. 408, 409) dan Muslim (no. 548) dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu.
[19]. Shahîh. HR Ahmad (IV/264), an-Nasâ`i (III/54-55), dan Ibnu Hibban (no. 1968 –at-Ta’lîqâtul Hisân) dari Ammar bin Yasir Radhiyallahu ‘anhuma.
[20]. Shahîh. HR. Muslim (no. 3009).
[21]. Shahîh. HR al-Bukhâri (no. 6361), Muslim (no. 2601), dan Ibnu Hibban (no. 6481-6482 –at-Ta’lîqâtul Hisân) dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu
[22]. Lihat Jâmi’ul ‘Ulûm wal-Hikam (I/375).
[23]. Shahîh. HR. Abu Dawud (no. 2197) dan ad-Daraquthni (IV/13-14, no. 3862).
[24]. Lihat Jâmi’ul ‘Ulûm wal-Hikam, I/377.
[25]. Ada riwayat tentang hal ini tetapi riwayatnya dha’if.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar